Kamis, 26 Februari 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


 

Mata Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester        : XI / Genap

Standar Kompetensi     : Membuat dokumen menggunakan program lembar kerja

Waktu            : 4 X 45 menit

Satuan Pendidikan     : SMAN 4 Pekanbaru


 

KOMPETENSI DASAR

5.1. Mengidentifikasi perangkat lunak lembar kerja (workseet) beserta fungsi icon dan menunya


 

INDIKATOR

  • Mendeskripsikan manfaat program pengolah angka

  • Mengaktifkan program

  • Menggunakan berbagai Tab (Menu) pada program lembar kerja (work seet)


 

TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
  • Mendeskripsikan manfaat program pengolah angka
  • Mengaktifkan program pengolah angka Microsoft Excel
  • Menggunakan berbagai Tab (menu) yang ada pada lembar kerja (worksheet)


 

MODEL PEMBELAJARAN

Model Pembelajaran Langsung dan Praktik


 

SUMBER BELAJAR

Buku pegangan siswa Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd

Modul Pembelajaran Sekolah SMAN4 Pekanbaru


 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran

Apersepsi tentang pengolah angka dan worksheet

Motivasi penggunaan excel dalam dunia kerja


 

  • Kegiatan Inti

    Pertemuan ke-1 (2 jam)

    • Guru memberikan contoh beberapa program pengolah data yang populer
    • Guru menginformasikan tentang keunggulan MS. Excel
    • Guru memberikan contoh step by step cara mengaktifkan MS.Excel
    • Guru membimbing siswa untuk mengaktifkan MS. Excel dan menon-aktifkannya


     

    Pertemuan ke-2 (2 jam)

    • Guru menjelaskan step by step tentang bagian-bagian dari lembar kerja MS.Excel mulai dari Ribbon, Tab, Panel, indikator alamat cell, cell, kolom, lebar kolom, baris, banyak baris, sheet
    • Guru memberikan contoh cara mengetik pada lembar kerja MS.Excel


     

    • Penutup

  1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator
  2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini


     

EVALUASI & PENILAIAN

A. Penilaian Pemahaman Konsep (Kognitif)

(Skor 0 – 100)

1. Berikan beberapa contoh program pengolah data yang handal dan banyak digunakan saat ini?

2. Tuliskan keunggulan-keunggulan (minimal 5) yang dimiliki MS. Excel

    3. Apa nama bagian dibawah ini, dan tuliskan sub Tab dan Panel masing-masing 2 buah


 


 


 


 


 


 


 


 


 

4. Apa fungsi dari tool berikut :

A.                     B.


 


 

5. Apa nama bagian berikut dan jelaskan !


 


 


 


 


 


 


 


 


 

B. Penilaian Praktik (Psikomotorik)

Meliputi :

- Keterampilan mengaktifkan dan menonaktikan MS. Excel (1 – 20)

- Keterampilan mengetik (1 – 20)

- Kemampuan mengidentifikasi dan menggunakan Tab (menu) (1 – 20)

- Kemampuan mengidentifikasi dan menggunakan toolsmenu (1 – 20)

- Keterampilan mengidentifikasi alamat cell (1 – 20)

    

C. Penilaian Afektif (Sikap)

Meliputi :

  • Kehadiran di kelas ketepatan kehadiran di kelas dengan rentang 1 – 4
  • ketepatan waktu pengumpulan tugas
  • Frekuensi menjawab soal (menunjuk jari, maju, mengkomentari jawaban teman)
  • Sikap yang ditunjukan pada saat ditunjuk maju ke depan
  • Kerjasama antar anggota kelompok


 


 


 

Mengetahui            Pekanbaru, Juli 2008

Kepala SMA4 Pekanbaru                     Guru Mata Pelajaran TIK


 


 


 


 

    Drs. AZWIR                        CHANDRA MD

NIP. 131854635                            


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


 

Mata Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester    : XI / Genap

Standar Kompetensi     : Membuat dokumen menggunakan program lembar kerja

(workseet)

Waktu            : 2 x 45 menit

Satuan Pendidikan     : SMAN 4 Pekanbaru


 


 

  1. KOMPETENSI DASAR

5.2.
Membuat lembar kerja menggunakan program lembar kerja (workseet)


 

  1. INDIKATOR

  • Membuat dan menyimpan lembar kerja (workseet) baru
  • Menggabungkan dua lembar kerja atau lebih


 

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
  • Membuat lembar kerja (worksheet)
  • Menyimpan lembar kerja (Worksheet)
  • Menggabungkan dua buah lembar kerja atau lebih


 

  1. MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung


 

  1. SUMBER BELAJAR

    1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
    2. Modul Pembelajaran Sekolah SMAN4 Pekanbaru
    3. Seperangkat computer beserta dengan tempat duduknya


 

VI. KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Pendahuluan

    1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
    2. Apersepsi
    3. Motivasi


     

  1. Kegiatan Inti

    1. Guru membagikan lembar kerja
    2. Siswa mengerjakan LKS ( Terlampir)
    3. Guru mengontrol sepanjang siswa mengerjakan LKS


     

  2. Penutup

  • Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator
  • Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini


     

VI. EVALUASI PSIKOMOTORIK

Penilaian kepada siswa di lakukan meliputi LKS yang dibagikan :

  1. Kecepatan mengerjakan LKS
  2. Kerapihan pekerjaan
  3. Kemampuan membuat dan mengubah kolom
  4. Kemampuan menyimpan file


 


 

Lembar Kerja Siswa


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Petunjuk Pengerjaan soal

  1. Harga di isi dengan harga satuan dikali jumlah
  2. Harga barang merupakan jumlah semua harga
  3. PPN adalah 10% dari harga barang
  4. Jumlah harga adalah PPN di tambah Harga barang


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Mengetahui            Pekanbaru, Juli 2008

Kepala SMAN 4 Pekanbaru                Guru Mata Pelajaran TIK


 


 


 

Drs. AZWIR                        CHANDRA MD

NIP. 131854635                            


 


 


 


 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


 

Mata Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester    : XI / Genap

Standar Kompetensi     : Membuat dokumen menggunakan program lembar kerja

             (workseet)

Waktu            : 2 x 45 menit

Satuan Pendidikan     : SMAN 4 PEKANBARU


 

  1. KOMPETENSI DASAR

5.2.
Membuat lembar kerja menggunakan program lembar kerja (workseet)


 

  1. INDIKATOR

  • Memasukan teks, tanggal dan bilangan dalam sel
  • Menformat sel


 


 

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat
  • Memasukan teks ke dalam sels
  • Memasukan tanggal ke dalam sel dan memformatnya
  • Memformat isi sel


 

  1. MODEL PEMBELAJARAN

Multi model, model pembelajaran langsung dengan model kooperatif


 

  1. SUMBER BELAJAR

    1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga (2) Modul Sadiman, SPd


 

VI. KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Pendahuluan

    1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
    2. Apersepsi penulisan tanggal dalam kehidupan sehari-hari
    3. Motivasi


     

  1. Kegiatan Inti

    1. Guru memberitahukan beberapa contoh mengenai penulisan tanggal pada program MS. Excel 2007
    2. Guru membagikan LKS dan menannyakan hal-hal yang akan dikerjakan
    3. Guru memberikan contoh cara menulis hurus tebal, miring dan garis bawah
    4. Siswa mengikuti apa-apa yang dilakukan guru, guru membimbing siswa
    5. Guru meminta kepada siswa untuk membuka TAB Home
    6. Guru memberikan contoh cara menformat tanggal, koma, menformat mata uang dan memformat
    7. Siswa mengerjakan LKS yang telah di berikan


     

  2. Penutup

    1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator

    2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

    3. Guru memberikan tugas rumah membaca buku untuk merangkum materi untuk minggu yang akan dating


 


 

VI. EVALUASI

    Penilaian kepada siswa di lakukan meliputi LKS yang dibagikan :

  1. Kecepatan mengerjakan LKS
  2. Ketepatan dalam memilih jenis huruf, memiringkan huruf, menebalkan huruf, menggaris bawahi
  3. Ketepatan dalam menformat koma dan mata uang
  4. Ketepatan dalam menformat tanggal
  5. Ketepatan menuliskan tanggal


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Mengetahui            Pekanbaru, Juli 2008

Kepala SMAN 4 Pekanbaru                Guru Mata Pelajaran TIK


 


 


 

Drs. AZWIR                        CHANDRA MD

NIP. 131854635                            


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


 

Mata Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester    : XI / Genap

Standar Kompetensi     : Membuat dokumen menggunakan program lembar kerja

(worksheet)

Waktu            : 2 x 45 menit

Satuan Pendidikan     : SMAN 4 PEKANBARU


 

  1. KOMPETENSI DASAR

5.2.
Membuat lembar kerja menggunakan program lembar kerja (workseet)


 

  1. INDIKATOR

  • Menggabungkan sel
  • Memformat baris dan kolom
  • Mengoperasikan Cut, Copy, Paste dan Paste Special


 

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

    Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat

    1. Menggabungkan sel
    2. memformat sel, baris dan kolom
    3. Mengoperasikan Cut
    4. Mengopasikan Copy
    5. Mengoperasikan Paste
    6. Mengoperasikan Paste Spesial


       

  2. MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung


 

  1. SUMBER BELAJAR

    1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga (2)
    2. Seperangkat computer lengkap


 

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Pendahuluan

    1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
    2. Apersepsi
    3. Motivasi


     

    1. Kegiatan Inti

      1. Guru membagikan LKS, dan memberitahukan apa-apa yang akan di kerjakan dengan LKS tersebut
      2. Guru memberikan contoh secara langsung cara menggabungkan dua cell atau lebih
      3. Siswa mengikuti apa yang dilakukan guru
      4. Guru membimbing siswa cara untuk mencopy, CUT, PASTE, PASTE SPESCIAL
      5. Guru menjelaskan cara untuk menjumlah, mencari rata-rata pada setiap kolom
      6. Guru membinbing siswa dari memahami cel absolut dan cel relatif
      7. Guru membimbing siswa untuk memformat tinggi coloum, lembar coulum dab baris
      8. Guru menanyakan kepada siswa apa ada yang belum paham mengenai perintah-perintah yang telah dikerjakan
      9. Guru menginntruksikan kepada siswa untuk mengerjakan LKS yang telah dibagikan


       

      1. Penutup

        1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

        2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

        3. Guru memberikan tugas rumah (PR)


           

    VI. EVALUASI KOGNITIF

1. Apa fungsi dari PASTE dan PASTE SPESIAL ?

2. Bagaimana cara menghilangan kata, kalimat dari lembar kerja

3. Bagaimana prosedur untuk memperbanyak dengan menggunakan menu EDIT

4. Tuliskan dengan lengkap cara untuk menggabungkan dua sel atau lebih

5. Bagaimana prosedur untuk membersar kolom atau memperkecil kolom

Evaluasi Psikomotorik (Dengan melihat hasil kerja LKS, setiap poin skor 1 – 10)

1. Kecepatan pengerjaan

2. Ketrampilan memperbesar dan memperkecil kolom

3. Keterampilan untuk menformat tanggal

4. Keterampilan menulis tanggal

5. Keterampilan untuk meng-CUT

6. Keterampilan untuk meng-COPY

7. Keterampilan untuk meng-PASTE

8. Keterampilan menggunakan tombol-tombol cepat

9. Kerapihan hasil kerja

10.Ketepatan dengan teks LKS


 


 


 


 


 


 

Mengetahui            Pekanbaru, Juli 2008

Kepala SMAN 4 Pekanbaru                Guru Mata Pelajaran TIK


 


 


 

Drs. AZWIR                        CHANDRA MD

NIP. 131854635                            


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


 

Mata Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester    : XI / Genap

Standar Kompetensi     : Membuat Workbook dengan menggunakan lembar kerja

woorkshett

Waktu            : 2 x 45 menit

Satuan Pendidikan     : SMAN 4 PEKANBARU


 


 

  1. KOMPETENSI DASAR

  1. Membuat lembar kerja menggunakan program lembar kerja (workseet)


     

    1. INDIKATOR

  • Menggabungkan sel
  • Memformat baris dan kolom
  • Mengoperasikan Cut, Copy, Paste dan Paste Special


 

  1. TUJUAN PEMBALAJARAN

    Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat

  • Menggabungkan sel
  • memformat sel, baris dan kolom
  • Mengoperasikan Cut
  • Mengopasikan Copy
  • Mengoperasikan Paste
  • Mengoperasikan Paste Spesial


 

  1. MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung


 

  1. SUMBER BELAJAR

    1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
    2. Seperangkat komputer lengkap


 

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Pendahuluan

    1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
    2. Apersepsi
    3. Motivasi


     

  2. Kegiatan Inti

    1. Guru membagikan LKS dan siswa diminta untuk memahami tampilah-tampilan pada LKS
    2. guru menjelaskan cara pengerjaan LKS
    3. guru memberikan contoh cara untuk mencari nilai terbesar dengan fungsi MAX
    4. guru memberikan contoh cara untuk mencari nilai terkecil dengan fungsi MIN
    5. guru menjelaskan cara untuk mengambil huruf dari kiri LEFT
    6. guru menjelaskan cara untuk mengambil huruf / carakter di tengah MID
    7. guru menjelaskan cara untuk mengambil huruf di kanan RIGHT
    8. Siswa mencoba perintah-perintah yang telah dicontohkan
    9. Siswa diminta untuk mengerjakan LKS
    10. guru membimbing dan mengawasi kerja siswa dan melakukan penilaian Psikomotorik


     

    1. Penutup

      1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

      2. Siswa diminta untuk merangkum buku untuk materi berikutnya


         

VI. EVALUASI PSIKOMOTORIK

    Berdasarkan LKS yang tersedia (terlampir, setiap point di beri skor 1 – 10)

  • Keterampilan siswa untuk menggunakan fungsi MAX
  • Keterampilan siswa untuk menggunakan fungsin MIN
  • Keterampilan siswa untuk menggunakan fungsi LEFT
  • Keterampilan siswa untuk menggunakan fungsi MID
  • keterampilan siswa untuk menggunakan fungsi RIGHT
  • Keterampilan dan kecepatan siswa dalam mengetik
  • Keterampilan siswa dalam membuat kolom
  • Kerapilhan hasil kerja
  • Kecepatan mengerjakan secara keseluruhan
  • Ketepatan hasil kerja dengan teks LKS


     


 


 


 


 


 


 

Mengetahui            Pekanbaru, Juli 2008

Kepala SMAN 4 Pekanbaru                Guru Mata Pelajaran TIK


 


 


 

Drs. AZWIR                        CHANDRA MD

NIP. 131854635                            


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


 

Mata Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester    : XI / Genap

Standar Kompetensi     : Membuat dokumen menggunakan program lembar kerja

Waktu            : 2 x 45 menit

Satuan Pendidikan     : SMAN 4 PEKANBARU


 

  1. KOMPETENSI DASAR

5.3. Mengelola dan mencetak lembar kerja (workshet)


 

  1. INDIKATOR

  • Print Priview dan mencetak workseet dan workbook


 

  1. TUJUAN PEMBALARAJAN

    Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat

    1. Menampilkan dokumen di layar dengan perintah Print Priview
    2. Mencetak Worsheet


       

  2. MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung


 

  1. SUMBER BELAJAR

  1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga (2)
  2. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
  3. LKS karya Sadiman, S.Pd


 

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Pendahuluan

    1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
    2. Apersepsi
    3. Motivasi


     

  2. Kegiatan Inti

    1. Siswa diminta untuk membuka dokumen minggu sebelumnya
    2. Siswa diminta untuk membuka MENU
    3. Siswa diminta untuk mempraktekan sunb menu PRINT PREVIEW
    4. Siswa diminta untuk memperbesar dan memperkecil tampilan print proview dengan mengklik mouse
    5. Guru menjelaskan fungsi IF dan sintaknya
    6. Siswa diminta untuk mempraktekan fungsi if
    7. Guru membagikan LKS dan siswa diminta untuk mengerjakan


     

    1. Penutup

      1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

      2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

      3. Guru memberikan tugas rumah (PR)


 


 


 


 


 


 


 

VI. EVALUASI PEMAHAMAN KONSEP

  • Tuliskan sub menu yang ada pada MENU FILE
  • Apa fungsi dari PRINT PRIVIEW
  • Tuliskan sintak fungsi IF


 


 


 

Penilaian Psikomotorik

Penilaian dilakukan sesuai dengan LKS


 


 

        


 


 


 


 


 

Mengetahui            Pekanbaru, Juli 2008

Kepala SMAN 4 Pekanbaru                Guru Mata Pelajaran TIK


 


 


 


 

Drs. AZWIR                        CHANDRA MD

NIP. 131854635                            


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


 

Mata Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester    : XI / Genap

Standar Kompetensi     : Membuat dokumen menggunakan program lembar kerja

Waktu            : 1 x 45 menit

Satuan Pendidikan     : SMAN 4 PEKANBARU


 

  1. KOMPETENSI DASAR

5.3. Mengelola dan mencetak lembar kerja (workshet)


 

  1. INDIKATOR

  • Mengatur tata letak (lay out) cetakan


 

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

    Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat

    Mengatur tata letak (layout) dokumen (worksheet)


     

  2. MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung


 

  1. SUMBER BELAJAR

    1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
    2. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows


 

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Pendahuluan

    1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
    2. Apersepsi
    3. Motivasi


     

  2. Kegiatan Inti

    1. Guru menjelaskan cara menformat dokumen, mulai dari Ukuran kertas, batas kanan, atas, kiri dan bawah
    2. Siswa diminta untuk menformat dokumen dengan ukuran kertas A4, batas kiri dan atas 4 Cm dan batas kanan dan bawah 3 cm
    3. Guru menjelaskan fungsi
    4. Guru membagikan LKS
    5. Siswa diminta untuk mengerjakan teks sesuai dengan LKS yang tersedia
    6. Guru memintan kepada siswa untuk mengaktifkan Office Buttondan mempraktekan sub Menu PRINTING
    7. Siswa diminta untuk memahami perintah-perintah yang ada pada pull down menu printing
    8. Siswa diminta untuk mempraktekan dalam mencetak dokumen


     

    1. Penutup

      1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

      2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

      3. Guru memberikan tugas rumah (PR)


 


 


 


 


 

VII. EVALUASI PSIKOMOTORIK

Tugas Proyek

Siswa diminta untuk mengerjakan sebuah work book dengan ketentuan yang telah di berikan sebagai dengan waktu pengerjaan selama 1 minggu


 


 


 


 

Penilaian meliputi :

  • Ketepatan hasil cetakan proyek dengan LKS yang dibagikan
  • Kelengkapan hasil proyek
  • Rumus-rumus yang digunakan dalam proyek
  • Kerapihan hasil proyek


 


 


 


 

Mengetahui            Pekanbaru, Juli 2008

Kepala SMAN 4 Pekanbaru                Guru Mata Pelajaran TIK


 


 


 


 

Drs. AZWIR                        CHANDRA MD

NIP. 131854635                            


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


 

Mata Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester    : XI / Genap

Standar Kompetensi     : Membuat dokumen menggunakan program lembar kerja

Waktu            : 2 x 45 menit

Satuan Pendidikan     : SMAN 4 PEKANBARU


 

  1. KOMPETENSI DASAR

  1. Mengelola dan mencetak lembar kerja (workshet)


     

    1. INDIKATOR

  • Mengelola workseet dalam workbook (mengganti nama, menyisipkan, menghapus dan memindahkan serta menyalin)


 

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

    Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat

  • Menganti nama worksheet
  • Menyisipkan worksheet
  • Menghapus worksheet
  • Memindahakan worksheet
  • Menyalin worksheet


 

  1. MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung


 

  1. SUMBER BELAJAR

    1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Sadiman, S.Pd
    2. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
    3. LCd Proyektor


 

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Pendahuluan

    1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
    2. Apersepsi
    3. Motivasi


     

  2. Kegiatan Inti

    1. Sisw diminta mengaktifkan dokumen Daftar Guru SMA Plus
    2. Guru mendemontrasikan cara menyisipkan kolom dan baris pada dokumen tersebut
    3. Siswa diminta untuk mengikuti apa yang telah dilakukan guru
    4. Guru mendemontrasikan cara memotong, memindahkan ke sheet yang berbeda
    5. Siswa diminta untuk mempraktekan apa yang telah dipelajari


     

    1. Penutup

      1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

      2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

      3. Guru memberikan tugas rumah (PR)


 


 


 


 


 


 

VI. EVALUASI

  • Tuliskan prosedur menyisipkan kolom dan baris pada work book
  • jika kita ingin menyisipkan sheet yang baru pada work book
  • Jika kita ingin memindahkan isi dari sheet 1 ke sheet 2 bagaimana prosedurnya
  • Bagaimana cara untuk mengubal nama sheet


     


     

    Mengetahui                        Pekanbaru, Juli 2008

    Kepala SMAN 4 Pekanbaru                Guru Mata Pelajaran TIK


 


 


 


 

Drs. AZWIR                        CHANDRA MD

NIP. 131854635                            


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


 


 

Mata Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester    : XI / Genap

Standar Kompetensi     : Membuat dokumen dengan program pengolah angka

Waktu            : 4 x 45 menit

Satuan Pendidikan     : SMAN 4 PEKANBARU


 

  1. KOMPETENSI DASAR

5.4. Membuat lembar kerja (workseet) dengan melibatkan formula, grafik dan gambar


 

  1. INDIKATOR

  • Memasukan formula

  • Menggunakan referensi absolute dan relativer
  • Menyalin fornula ke dalam range menggunakan grad (fille down dan fill across)


 

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat

  • Memasukan formula
  • Menggunakan referensi sel absolut
  • Menggunakan referensi sel relatif
  • Menggandakan dengan menggunakan perintah COPY
  • Menggandakan dengan menggunakan perintah fill across


 

  1. MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung


 

  1. SUMBER BELAJAR

    1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
    2. Modul Belajar Karya Sadiman, S.Pd
    3. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
    4. Seperangkat LCD


 

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Pendahuluan

    1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
    2. Apersepsi
    3. Motivasi


     

  2. Kegiatan Inti

    1. Siswa diminta untuk mengaktifkan MS Excel atau membuka dokumen baru yang masih kosong
    2. Guru memberikan beberapa contoh formula fungsi fungsi LOGIKA, DATABASE, STATISTIK, TRIGONOMETRI, FINANSIAL
    3. Siswa diminta untuk mengkopy dan tidak perlu mengetik fungsi secara berulang
    4. Guru membagikan LKS
    5. Siswadiminta untuk mengerjakan LKS yang meliputi fungsi IF, dan LOOKUP


     

    1. Penutup

      1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator

      2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

      3. Guru memberikan tugas rumah (PR)


         

VI. EVALUASI

1. Tuliskan rumus fungsi If, COUNT, COUNTIF, dan VLOOKUP

2. Bagaimana cara untuk mengcopy formula cell relative dan absolute dengan menggunakan fille down dan fill across


 


 


 


 


 


 


 

Mengetahui            Pekanbaru, Juli 2008

Kepala SMAN 4 Pekanbaru                Guru Mata Pelajaran TIK


 


 


 


 

Drs. AZWIR                        CHANDRA MD

NIP. 131854635                            


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


 


 

Mata Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester    : XI / Genap

Standar Kompetensi     : Membuat dokumen dengan program pengolah angka

Waktu            : 2 x 45 menit

Satuan Pendidikan     : SMAN 4 PEKANBARU


 

  1. KOMPETENSI DASAR

5.4. Membuat lembar kerja (worksheet) dengan melibatkan formula, grafik dan gambar


 

  1. INDIKATOR

    1. Membuat grafik (chart) dari data yang tersedia


 

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat

  1. Membuat chart dari data yang tersedia
  2. Memodifikasi chart


 

  1. MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung


 

  1. SUMBER BELAJAR

    1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga (2)
    2. Modul Belajar Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Yayasan Phesdia Palembang
    3. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows


 

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Pendahuluan

    1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
    2. Apersepsi
    3. Motivasi


     

  2. Kegiatan Inti

    1. Siswa diminta untuk mengaktifkan Program Pengolah angka MS.Excel
    2. Guru membagikan LKS dan
    3. siswa diminta untuk mengetik LKS yang telah dibagikan
    4. Guru mendemontrasikan cara untuk membuat car dari tolls menu
    5. Guru mendemontrasikan cara untuk memilih range dan tipe chart
    6. Guru menginformasikan cara untuk memberi nama X-axis danY-axis, titel, legend, latar belakang
    7. siswa diminta untuk membuat chart sesuai dengan LKS yang telah dibagikan


 

  1. Penutup

    1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

    2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

    3. Guru memberikan tugas rumah (PR)


       

VII. EVALUASI PSIKOMOTORIK

  • Perhatikan table berikut ini. Buatlah Chart bentuk Batang tegak dengan sumbu X Ulangan ke, Sumbu Y nilai, Legend nama siswa, Titel Ulangan Harian TIK dan garis horizontal pada latar grafik


 


 

  • simpan dokumen grafik dengan nama GRAFIK-TUGAS-2

No 

Nama Siswa 

Nilai-1 

Nilai-2 

Nilai-3 

Rata-rata 

Rodi Edi 

90 

90 

80 

 

Ira Swara 

80 

90 

90 

 

Susanto Beno 

70 

90 

80 

 

Andrianus Moy 

60 

70 

75 

 

Lidya Natalie 

60 

80 

60 

 


 


 


 

Mengetahui            Pekanbaru, Juli 2008

Kepala SMAN 4 Pekanbaru                Guru Mata Pelajaran TIK


 


 


 


 

Drs. AZWIR                        CHANDRA MD

NIP. 131854635                            


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


 


 

Mata Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester    : XI / Genap

Standar Kompetensi     : Membuat dokumen dengan program pengolah angka

Waktu            : 2 x 45 menit

Satuan Pendidikan     : SMAN 4 PEKANBARU


 

  1. KOMPETENSI DASAR

5.4. Membuat lembar kerja (worksheet) dengan melibatkan formula, grafik dan gambar


 

  1. INDIKATOR

    1. Pengurutan data

    2. Menggunakn filter data


 

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

    Setelah Proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat

    1. Mengurutkan data dengan menggunakan tool atau menu secara descending
    2. Mengurutkan data dengan menggunakan tool atau menu secara ascending
    3. Memfilter data


       

  2. MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung


 

  1. SUMBER BELAJAR

    1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga (2)
    2. Modul Belajar Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Yayasan Phesdia Palembang
    3. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
    4. Lembar Kerja Siswa


 

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Pendahuluan

    1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
    2. Apersepsi
    3. Motivasi


     

  2. Kegiatan Inti

    1. Siswa diminta untuk mengaktifkan window dan Ms. Excel
    2. Guru mendemontrasikan step by step cara untuk mengformat ukuran halaman kertas Folio, Kertas Kuarto dan A4, beserta batas marginya
    3. Siswa mengikuti apa-apa yang telah dilakukan guru
    4. Guru membagikan teks kerja (LKS) terlampir
    5. Siswa mengerjakan LKS sesuai dengan kemampuannya selama 25 menit
    6. Guru membimbing siswa untuk mengurutkan data dengan beberapa kriterima acending dan desending
    7. Guru menginformasikan cara menggunakan filter data
    8. Siswa mempraktekan apa-apa yang telah dilakukan guru


     

    1. Penutup

      1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

      2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

      3. Guru memberikan tugas rumah (PR)


         

VI. EVALUASI

    1. Tulis menu pull down yang ada pada menu DATA

    2. Bagaimana prosedur untuk mengurutkan data

    3. Bagaimana prosedur untuk menggunakan filter data

    4. Jika dokumenyang kita difilter merupakan dokumen yang kita buat cart bagaimana

perubahan yang terjadi pada chart

    LKS Untuk SORT dan FILTER


 

DATA PEGAWAI

SMA PLUS

PEKANBARU

Riau

TAHUN 2008


 

No 

Nama Pegawai 

NIP

Gaji Pokok 

Jumlah Anak 

Tunjangan anak 

Gaji 

Larsito, S.Pd 

12221467 

1000000 

  

Drs. Sugiman 

12222789 

1000000 

  

Anto, Sudarto, SE 

13223240 

1290000 

  

Dunk Cik, SH 

12309000 

1300000 

  

Drs. Zalili, MBA 

12999000 

1300000 

  

Soni Kuncoro, SE

12890001 

1300000 

  

Samsul, S.Pd 

12002002 

1290000 

  

Rahmad Danu, SH 

12222200 

1000000 

  

Samsidar, SH 

12222210 

1000000 

  

10 

Darima, SE 

12223310 

1450000 

  

11 

Eti Sufarni, SH 

12323323 

1450000 

  

12 

Sumirah, S.Pd 

12333324 

1450000 

  

12 

Enti Eliyana 

12333325 

1000000 

  

14 

Siti Fadilah Supari, SE 

12333326 

1450000 

  

15 

Sumarni, SH 

12333327 

1450000 

  
       


 

Ketentuan menjawab:

  • Tunjangan anak adalh 0,5% per anak dari gaji pokok
  • Gaji merupakan jumlah gaji pokok dan tunjangan
  • Urutkan daftar pegawai diatas berdasarkan NIP nya
  • Uruttkan daftar pegawai di atas berdasarnya gajinya
  • Simpan dengan nama URUT-DATA PEGAWAI


 


 


 


 

Mengetahui            Pekanbaru, Juli 2008

Kepala SMAN 4 Pekanbaru                Guru Mata Pelajaran TIK


 


 


 


 

Drs. AZWIR                        CHANDRA MD

NIP. 131854635                            


 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


 


 

Mata Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester    : XI / Genap

Standar Kompetensi     : Membuat dokumen dengan program lembar kerja (work

book)

Waktu            : 2 x 45 menit

Satuan Pendidikan     : SMAN 4 PEKANBARU


 

  1. KOMPETENSI DASAR

5.5. Menggambungkan karya lembar kerja dengan dokumen pengolah angka


 

  1. INDIKATOR

    1. Melakukan proses penyisipan data dalam lembar kerja ke dalam dokumen pengolah kata


 

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

    Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat

    Menyisipkan lembar kerja (worksheet) ke dalam Microsoft Word


     

  2. MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung


 

  1. SUMBER BELAJAR

    1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga (2)
    2. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
    3. Lembar Kerja Siswa


 

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Pendahuluan

    1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
    2. Apersepsi
    3. Motivasi


     

  2. Kegiatan Inti

    1. Siswa diminta untuk mengaktifkan window dan Ms Word dan Excel
    2. Guru membagikan LKS berisi data Excel (terlampir)
    3. Guru menjelaskan cara untuk mengkopi ke dalam dokumen Wor dengan PASTE LINK
    4. Siswa diminta untuk mengkopy dengan PASTER LINK


     

    1. Penutup

      1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

      2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

      3. Guru memberikan tugas rumah (PR)


         

VI. EVALUASI

    Dokumen dibawah ini dibuat didalam Excel dan dipindahkan dengan metode PASTE LINK yang dimimiki MS. Word


 


 


 


 


 


 


 

LKS untuk dikerjakan di rumah

Buatlah dokumen dibawah ini di MS. Word, tetapi tabel dibuat dengan menggunakan Ms. Excel dan gunakanlah fasilitas PASTE LINK


 

PT Cmart

Jl. Kebun Bunga No. 566 Padang

Telp. 085265960224


 

DAFTAR STOK BARANG

Selama Bulan Oktober 2007


 

No 

Nama Barang 

Jumlah Stok 

Harga Satuan

Jumlah harga 

Netto Harga 

1 

Ban Tyred GP 26 C 

20 buah 

Rp. 500,000.00 

  

2 

Ban Speed Motor 

150 buah 

Rp. 89,000.00 

  

3 

Ban Jaguar Mobil 

10 buah 

Rp. 650,000.00 

  

4 

Ban ICR motor 20 x 

599 buah 

Rp. 75,000.00 

  

5 

Band Dun Lop Mobil 

29 buah 

Rp. 1,000,000.00

  

Jumlah 

   

Petunjuk :

  1. Buatlah table seperti gambar di atas
  2. Jumlah harga di isi dengan menggunakan formula dari jumlah stok * harga satuan
  3. Netto harga adalah harga satuan dikurang potongan sebanyak 10% perbuah
  4. Simpan dengan nama TABEL-Nama Kamu
  5. Ikuti pentunjuk guru


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     

    Mengetahui            Pekanbaru, Juli 2008

Kepala SMAN 4 Pekanbaru                Guru Mata Pelajaran TIK


 


 


 


 

Drs. AZWIR                        CHANDRA MD

NIP. 131854635                            

Tidak ada komentar: