SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
NAMA SEKOLAH | : | SMAN4 PEKANBARU |
MATA PELAJARAN | : | TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI |
KELAS/SEMESTER | : | X / 1 (SATU) |
TAHUN AJARAN | : | 2008/2009 |
Standar Kompetensi : 1. Melakukan operasi dasar komputer Kompetensi Dasar : 1.1 Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur | Alokasi Waktu : 180 menit
4 jam pelajaran
|
No | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilaian | Alokasi waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
1.1.1 |
Fungsi dan jenis-jenis port yang terdapat pada console/system unit dan mengenal perangkat keras Komputer |
- Mengidentifikasi jenis-jenis port sesuai dengan fungsinya
- Menghubungkan masing-masing kabel ke dalam port yang sesuai dan benar
- Mengenal Perangkat Keras Komputer
|
- Mendemonstrasikan cara merangkai console/system unit, monitor, keyboard dan mouse dengan benar
- Mengenal Perangkat keras Komputer
|
Tertulis:
|
30
30
30 |
Buku panduan, internet, buku digital |
1.1.2 | Prosedur menghidupkan dan mematikan komputer | - Mempraktikkan prosedur menghidupkan komputer
- Mengidentifikasi spesifikasi komputer pada saat tampilan booting di monitor
| - Mendemonstrasikan cara menghidupkan komputer sesuai dengan prosedur baku
| Praktik | 15
15 | Buku panduan, internet, buku digital |
| | | - Mengetahui dampak-dampak yang terjadi akibat prosedur mematikan komputer yang salah
- Mengidentifikasi tampilan awal dalam sebuah operating system
Mempraktikkan prosedur mematikan komputer
(Kecakapan hidup: Identifikasi variabel, menghubungkan variabel, merumuskan, hipotesis,mengambil keputusan)
| - Mendemonstrasikan cara mematikan komputer sesuai dengan prosedur baku
| Tertulis: Uraian
Praktik | 30
15
15 | Buku panduan, internet, buku digital |
Kompetensi Dasar : 1.2 Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi | Alokasi Waktu : 180 menit
4 jam pelajaran |
No | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilaian | Alokasi waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
1.2.1 |
Macam-macam perangkat lunak beserta fungsinya |
- Mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk pengolah kata
- Mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk akses internet
- Mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk pengolah angka
|
- Mengenal beberapa kelompok aplikasi beserta fungsinya
|
Penugasan
Diskusi Kelompok |
15
15
15 |
Buku panduan, internet, buku digital |
| | | - Mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk desain grafis
- Mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk pembuat presentasi
- Mengelompokkan macam-macam kelompok aplikasi perangkat lunak berdasarkan fungsinya
| - Mengenal beberapa aplikasi yang terdapat dalam operating system
| Penugasan
Diskusi Kelompok | 15
15
15 | Buku panduan, internet, buku digital |
| | | - Mengidentifikasi jenis-jenis beserta fungsi aplikasi yang terdapat dalam operating system
Mendemonstrasikan penggunaan beberapa perangkat lunak yang terdapat dalam operating system
(Kecakapan hidup : menggali inforrmasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)
| - Menggunakan beberapa program aplikasi yang terdapat dalam operating system
| Praktik | 30
60 | Buku panduan, internet, buku digital |
Standar Kompetensi : 2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi | Alokasi Waktu : 180 menit
4 jam pelajaran
|
No | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilaian | Alokasi waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
2.1.1 |
Input, proses, output yang berkaitan dengan informasi |
- Mencari informasi tentang elemen siklus pemrosesan informasi
- Menjelaskan perbedaan antara input, proses dan output
- Mencari informasi tentang pengertian teknologi informasi dan komunikasi
- Mendeskripsikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sejak zaman prasejarah, sejarah sampai zaman moderen
|
- Mengidentifikasi elemen siklus pemrosesan informasi
|
Penugasan individu |
15
30
15
30 |
Buku panduan, internet, buku digital |
2.1.2 | Teknologi informasi dan komunikasi | - Menyebutkan macam-macam perangkat keras yang digunakan untuk teknologi informasi
| - Menjelaskan pengertian dari teknologi informasi dan teknologi komunikasi
| Uraian | 15 | Buku panduan, internet, buku digital |
| | | - Menyebutkan fungsi masing-masing perangkat keras yang digunakan untuk teknologi informasi
| - Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan untuk teknologi informasi beserta fungsinya
| Uraian | 30 | Buku panduan, internet, buku digital |
| | | - Menyebutkan macam-macam perangkat keras yang digunakan untuk teknologi komunikasi
Menyebutkan fungsi masing-masing perangkat keras yang digunakan untuk teknologi komunikasi
(Kecakapan hidup: menggali &mengolah informasi, mengambil keputusan)
| - Mendeskripsikan macam-macam peralatan teknologi komunikasi beserta fungsinya
| Menjodohkan | 15
30 | Buku panduan, internet, buku digital |
Kompetensi Dasar : 2.2. Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit) | Alokasi Waktu : 180 menit
4 jam pelajaran |
No | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilaian | Alokasi waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
2.2.1 |
Jaringan Telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit) |
- Mencari informasi tentang jaringan menggunakan kabel dan nirkabel
|
- Menjelaskan perbedaan antara jaringan telekomunikasi dengan menggunakan kabel dan nirkabel
|
Penugasan individu |
30 |
Buku panduan, internet, buku digital |
| | | - Menjelaskan kelebihan dan kekurangan jaringan telekomunikasi kabel dan nirkabel
| - Menjelaskan cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi
| | 30 | Buku panduan, internet, buku digital |
| | | - Mencari informasi tentang cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi
- Menjelaskan cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi
- Mencari informasi tentang fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi
Menjelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi
(Kecakapan hidup : menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan
| - Menjelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi
| Penugasan individu
Uraian | 30
30
30
30 | Buku panduan, internet, buku digital
Buku panduan, internet, buku digital, jurnal, Koran, majalah
|
Kompetensi Dasar : 2.3 Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak aplikasi teknologi informasi dan komunikasi | Alokasi Waktu : 135 menit
3 jam pelajaran |
No | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilaian | Alokasi waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
2.3.1 |
Macam-macam aplikasi perangkat lunak beserta fungsinya |
- Mencari informasi tentang berbagai jenis perangkat lunak teknologi informasi yang ada di lingkungannya
|
- Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi informasi beserta fungsinya
|
Penugasan individu |
15 |
Buku panduan, internet, buku digital |
| | | - Menjelaskan fungsi masing-masing perangkat lunak untuk teknologi informasi
| - Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi komunikasi beserta fungsinya
| Uraian | 30 | Buku panduan, internet, buku digital |
| | | - Mencari informasi tentang berbagai jenis perangkat lunak teknologi komunikasi yang ada di lingkungannya
- Menjelaskan fungsi masing-masing perangkat lunak untuk teknologi komunikasi
- Mencari informasi tentang manfaat perangkat lunak dalam memperoleh informasi
Mendemonstrasikan perangkat lunak untuk memperoleh informasi
(Kecakapan Hidup: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)
| - Mendemonstrasikan penggunaan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk memperoleh informasi
| Praktik
| 15
30
15
30 | Buku panduan, internet, buku digital
Buku panduan, internet, buku digital
|
Standar Kompetensi : 3. Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar : 3.1. Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi | Alokasi Waktu : 225 menit
5 jam pelajaran |
No | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilaian | Alokasi waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
3.1.1 |
Etika dan Moral dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi |
- Mencari informasi tentang aturan-aturan hak cipta
|
- Menjelaskan tentang aturan-aturan hak cipta
|
Penugasan individu/ kelompok |
15 |
Buku panduan, internet, buku digital
|
| | | - Mendiskusikan tentang aturan yang berkaitan dengan etika dan moral dalam pemanfaatan TIK
| - Menjelaskan dampak pelanggaran hak cipta
| Uraian | 45 | Buku panduan, internet, buku digital
|
| | | - Menjelaskan dampak pelanggaran hak cipta melalui diskusi
| - Menjelaskan jenis pelanggaran hak cipta
| Praktik | 30 | Buku panduan, internet, buku digital
|
| | | - Mendiskusikan etika dan moral yang berkaitan dengan pemanfaatan TIK dalam kehidupan sehari-hari.
- Mencari contoh kasus tentang pelanggaran hak cipta di media massa/media elektronik
- Mendiskusikan contoh kasus tentang duplikasi aplikasi yang ilegal
Menggunakan aplikasi yang legal
(Kecakapan hidup: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)
| - Menerapkan aturan-aturan hak cipta yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi
| | 45
45
45
| Buku panduan, internet, buku digital
|
Kompetensi Dasar : 3.2. Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi Informasi dan komunikasi | Alokasi Waktu : 180 menit
4 jam pelajaran |
No | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilaian | Alokasi waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
3.2.1 |
Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam penggunaan TIK |
- Mencari informasi tentang K3
|
- Mengetahui prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
|
Penugasan individu/ kelompok |
45 |
Buku panduan, internet, buku digital
|
| | | - Mendiskusikan tentang pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada penggunaan TIK
| - Memperagakan posisi duduk dengan baik dan benar
| Uraian | 45 | Buku panduan, internet, buku digital
|
| | | - Menempatkan letak meja, kursi dan unit komputer sesuai dengan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
Bekerja menggunakan komputer sesuai prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) (Kecakapan Hidup: Kesadaran akan eksistensi dan potensi diri, menggali informasi, dan komunikasi tertulis)
| - Mendemonstrasikan cara menggunakan komputer dengan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
| Praktik
| 45
45
| Buku panduan, internet, buku digital
|
Kompetensi Dasar : 3.3 Menghargai pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam teknologi informasi dan komunikasi | Alokasi Waktu : 90 menit
2 jam pelajaran |
No | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilaian | Alokasi waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
3.3.1 |
UU Hak Cipta |
- Mencari informasi tentang undang-undang hak cipta
- Mencari informasi tentang contoh Hak Cipta dari perangkat lunak
|
- Menjelaskan tentang undang-undang mengenai Hak Atas Kekayaan Intelektual
- Menjelaskan contoh hak cipta dari perangkat lunak
|
Penugasan individu/ kelompok |
45 |
Buku panduan, internet, buku digital |
| | | Mendiskusikan UU Yang berkaitan dengan sangsi pelanggaran Hak Cipta.
(Kecakapan hidup: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)
| | Uraian
| 45
| |
Standar Kompetensi : 4. Menggunakan Operating System (OS)
Kompetensi Dasar : 4.1 Melakukan operasi dasar pada operating system (OS) komputer | Alokasi Waktu : 180 menit
4 jam pelajaran |
No | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilaian | Alokasi waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
4.1.1 |
Sistem Operasi |
- Mencari informasi tentang sistem operasi
|
|
Penugasan individu/ kelompok |
30 |
Buku panduan, internet, buku digital
|
| | | - Mendiskusikan fungsi-fungsi sistem operasi
| - Menjelaskan fungsi Sistem Operasi
| Uraian | 45 | Buku panduan, internet, buku digital
|
| | | - Menyimpulkan perbedaan tentang BIOS dan Sistem Operasi melalui diskusi
| - Membedakan Sistem Operasi dan BIOS
| Praktik | 15 | Buku panduan, internet, buku digital
|
| | | - Menggunakan BIOS
Mempraktikkan operasi dasar BIOS dan sistem operasi
(Kecakapan hidup: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)
| - Mendemonstrasikan penggunaan BIOS dan sistem operasi
| | 45
45
| |
Kompetensi Dasar : 4.2 Melakukan setting peripheral pada operating system (OS) komputer | Alokasi Waktu : 225 menit
5 jam pelajaran |
No | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilaian | Alokasi waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
4.2.1 |
Setting Peripheral |
- Mencari informasi tentang jenis dan fungsi masing-masing peripheral
|
- Menjelaskan pengertian peripheral
|
Penugasan individu/ kelompok |
30 |
Buku panduan, internet, buku digital
|
| | | - Mendiskusikan jenis dan fungsi masing-masing peripheral
| - Mendemonstrasikan penginstallan driver peripheral pada sistem operasi
| Uraian | 45 | Buku panduan, internet, buku digital |
| | | - Membaca buku petunjuk pengoperasian peripheral
- Mendiskusikan fungsi driver
- Mempraktikkan penginstallan driver peripheral
Mempraktikkan setting peripheral
(Kecakapan hidup: Identi- fikasi variabel, menghubungkan variabel, merumuskan, hipotesis, memengambil keputusan)
| - Mendemonstrasikan setting peripheral (misal: printer, scanner, flash disk, dsb.)
| Praktik
| 30
30
45
45
| Buku panduan, internet, buku digital
|
Mengetahui, | | Pekanbaru, Juli 2008 |
Kepala SMAN 4 PEKANBARU | | Guru Mata Pelajaran TIK, |
| | |
Drs. A Z W I R | | CHANDRA MD |
NIP. 131854635 | | |
SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
NAMA SEKOLAH | : | |
MATA PELAJARAN | : | TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI |
KELAS/SEMESTER | : | X / 2 (DUA) |
TAHUN AJARAN | : | |
Kompetensi Dasar : 4.3. Melakukan manajemen file | Alokasi Waktu : 180 menit
4 jam pelajaran |
No | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilaian | Alokasi waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
4.3.1 |
Manajemen file |
- Mendiskusikan manfaat manajemen file
|
- Menerangkan manfaat manajemen file
|
Penugasan individu/kelompok |
30 |
Buku panduan, internet, buku digital
|
| | | - Merinci perintah-perintah dalam melakukan manajemen file (misal: cut, copy, paste, move, new folder, dsb.)
| - Mengetahui perintah-perintah dalam melakukan manajemen file
| Uraian | 45 | Buku panduan, internet, buku digital |
| | | | - Mendemonstrasikan langkah-langkah manajemen file
| Praktik | 15 | Buku panduan, internet, buku digital |
| | | - Menyimpan file dalam folder
- Menggandakan dan memindahkan file
- Mengganti nama file
Mengidentifikasi jenis-jenis ekstensi file
(Kecakapan hidup: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)
| - Mengklasifikasikan ekstensi file
| | 15
30
15
30
| Buku panduan, internet, buku digital
|
Kompetensi Dasar : 5.1. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata | Alokasi Waktu : 135 menit
3 jam pelajaran |
No | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilaian | Alokasi waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
5.1.1 |
Menu dan ikon aplikasi pengolah kata |
- Menyimak penjelasan tentang pengertian menu dan ikon
|
- Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
|
Penugasan individu/kelompok |
30 |
Buku panduan, internet, buku digital |
| | | - Mendiskusikan fungsi menu dan ikon
| - Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
| Uraian | 30 | Buku panduan, internet, buku digital |
| | | - Menunjukkan menu dan ikon
| - Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
| Praktik | 30 | Buku panduan, internet, buku digital |
| | | Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon
(Kecakapan hidup: menggali informasi, mengolah informasi, meng- ambil keputusan)
| - Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
| | 45
| Buku panduan, internet, buku digital
|
Kompetensi Dasar : 5.2 Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata | Alokasi Waktu : 315 menit
7 jam pelajaran |
No | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilaian | Alokasi waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
5.2.1 |
Fungsi menu dan ikon pengolah kata |
- Membuat dokumen baru
- Menyimpan dokumen baru dengan nama file baru
|
- Mendemonstrasikan pembuatan dokumen baru
|
Penugasan individu
Uraian |
15
15 |
Buku panduan, internet, buku digital
|
| | | - Mengatur format teks dan spasi dalam paragraph
- Menggunakan bulleting dan numbering
- Menggunakan border dan shading
- Menggunakan berbagai jenis huruf
| - Memodifikasi jenis dan pengaturan pada teks
| Praktik
| 30
20
20
15 | Buku panduan, internet, buku digital
|
| | | - Mengatur ukuran halaman
- Mengatur batas kanan, kiri, atas, dan bawah halaman
- Mengatur border halaman
| - Memodifikasi pengaturan halaman
| | 15
15
15 | Buku panduan, internet, buku digital
|
| | | - Memasukkan data ke dalam database mail merge
- Mengedit data dalam database mail merge
- Memasukkan data mail merge ke dalam dokumen
Mencetak dokumen yang telah disisipkan data
(Kecakapan hidup: Kesadaran akan eksistensi dan potensi diri, menggali informasi, dan komunikasi tertulis)
| - Mendemonstrasikan pembuatan mail merge
- Mendemontrasikan cara mengolah dan mencetak dokumen
| | 40
45
40
30
| Buku panduan, internet, buku digital
|
Kompetensi Dasar : 5.3. Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram | Alokasi Waktu : 180 menit
4 jam pelajaran |
No | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian | Penilaian | Alokasi waktu (Menit) | Sumber/ Bahan/Alat |
5.3.1 |
Membuat dokumen aplikasi pengolah kata |
- Membuat dokumen berisi tabel
- Menghapus baris atau kolom pada tabel yang berisi data tentang sayur-sayuran dan kacang-kacangan
|
- Membuat dan menghapus baris, kolom atau tabel
|
Penugasan individu
Uraian |
30
15 |
Buku panduan, internet, buku digital
|
| | | - Menambah atau menggabungkan baris atau kolom
- Mengatur lebar baris dan kolom
| - Menambah, menggabung serta mengatur lebar baris dan kolom
| Praktik
| 15
15 | Buku panduan, internet, buku digital
|
| | | - Membuat grafik kenaikan harga beberapa jenis sayuran
| | | 30 | Buku panduan, internet, buku digital
|
| | | - Membuat bentuk (shape) tertentu
- Menggabungkan beberapa bentuk (shape) menjadi sebuah gambar
- Menyisipkan shapes dan meletakan dengan benar sesuai contoh.
Membuat macam-macam model dokumen
(Kecakapan hidup: Kesadaran akan eksistensi dan potensi diri, menggali informasi, dan komunikasi tertulis)
| - Mengoperasikan ikon drawing
- Membuat karya dengan menggunakan program pengolah kata
| Tugas Individu
| 15
30
30
| Buku panduan, internet, buku digital
|
Mengetahui, | | Pekanbaru, Juli 2008 |
Kepala SMAN 4 PEKANBARU | | Guru Mata Pelajaran TIK, |
| | |
Drs. A Z W I R__ | | CHANDRA MD |
NIP. 131854635 | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar