Kamis, 26 Februari 2009

SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


 


 

NAMA SEKOLAH

:

SMAN4 PEKANBARU

MATA PELAJARAN

:

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

KELAS/SEMESTER

:

X / 1 (SATU)

TAHUN AJARAN 

: 

2008/2009


 

Standar Kompetensi    :    1. Melakukan operasi dasar komputer

Kompetensi Dasar    :    1.1 Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur

Alokasi Waktu    :    180 menit

        4 jam pelajaran

No 

Materi Pembelajaran 

Kegiatan Pembelajaran 

Indikator Pencapaian 

Penilaian 

Alokasi waktu (Menit) 

Sumber/ Bahan/Alat


 

1.1.1 


 

Fungsi dan jenis-jenis port yang terdapat pada console/system unit dan mengenal perangkat keras Komputer


 

  • Mengidentifikasi jenis-jenis port sesuai dengan fungsinya
  • Menghubungkan masing-masing kabel ke dalam port yang sesuai dan benar
  • Mengenal Perangkat Keras Komputer


 

  • Mendemonstrasikan cara merangkai console/system unit, monitor, keyboard dan mouse dengan benar
  • Mengenal Perangkat keras Komputer


 

Tertulis:

  • Menjodohkan
  • Praktik


 

30


 

30


 

30 


 

Buku panduan, internet, buku digital 

1.1.2 

Prosedur menghidupkan dan mematikan komputer 

  • Mempraktikkan prosedur menghidupkan komputer
  • Mengidentifikasi spesifikasi komputer pada saat tampilan booting di monitor
  • Mendemonstrasikan cara menghidupkan komputer sesuai dengan prosedur baku

Praktik 

15


 

15 

Buku panduan, internet, buku digital

  
  • Mengetahui dampak-dampak yang terjadi akibat prosedur mematikan komputer yang salah
  • Mengidentifikasi tampilan awal dalam sebuah operating system
  • Mempraktikkan prosedur mematikan komputer

    (Kecakapan hidup:
    Identifikasi variabel, menghubungkan variabel, merumuskan, hipotesis,mengambil keputusan)

  • Mendemonstrasikan cara mematikan komputer sesuai dengan prosedur baku

Tertulis: Uraian


 

Praktik 

30


 


 

15


 

15 

Buku panduan, internet, buku digital 


 


 

Kompetensi Dasar    :    1.2 Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi

Alokasi Waktu    :    180 menit

        4 jam pelajaran 


 

No 

Materi Pembelajaran 

Kegiatan Pembelajaran 

Indikator Pencapaian 

Penilaian 

Alokasi waktu (Menit) 

Sumber/ Bahan/Alat 


 

1.2.1 


 

Macam-macam perangkat lunak beserta fungsinya


 

  • Mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk pengolah kata
  • Mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk akses internet
  • Mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk pengolah angka


 

  • Mengenal beberapa kelompok aplikasi beserta fungsinya


 

Penugasan


 

Diskusi Kelompok


 

15


 

15


 

15 


 

Buku panduan, internet, buku digital 

  
  • Mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk desain grafis
  • Mencari informasi nama-nama perangkat lunak untuk pembuat presentasi
  • Mengelompokkan macam-macam kelompok aplikasi perangkat lunak berdasarkan fungsinya
  • Mengenal beberapa aplikasi yang terdapat dalam operating system

Penugasan


 

Diskusi Kelompok 

15


 

15


 


 

15

Buku panduan, internet, buku digital 

  
  • Mengidentifikasi jenis-jenis beserta fungsi aplikasi yang terdapat dalam operating system
  • Mendemonstrasikan penggunaan beberapa perangkat lunak yang terdapat dalam operating system

    (Kecakapan hidup : menggali inforrmasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)

  • Menggunakan beberapa program aplikasi yang terdapat dalam operating system

Praktik 

30


 


 

60 

Buku panduan, internet, buku digital


 


 

Standar Kompetensi    :    2.     Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

Kompetensi Dasar    :    2.1    Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

Alokasi Waktu    :    180 menit

        4 jam pelajaran


 

No 

Materi Pembelajaran 

Kegiatan Pembelajaran 

Indikator Pencapaian 

Penilaian 

Alokasi waktu (Menit) 

Sumber/ Bahan/Alat 


 

2.1.1


 

Input, proses, output yang berkaitan dengan informasi 


 

  • Mencari informasi tentang elemen siklus pemrosesan informasi
  • Menjelaskan perbedaan antara input, proses dan output
  • Mencari informasi tentang pengertian teknologi informasi dan komunikasi
  • Mendeskripsikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sejak zaman prasejarah, sejarah sampai zaman moderen


 

  • Mengidentifikasi elemen siklus pemrosesan informasi


 

Penugasan individu 


 

15


 

30


 

15


 

30 


 

Buku panduan, internet, buku digital 

2.1.2 

Teknologi informasi dan komunikasi

  • Menyebutkan macam-macam perangkat keras yang digunakan untuk teknologi informasi
  • Menjelaskan pengertian dari teknologi informasi dan teknologi komunikasi

Uraian 

15 

Buku panduan, internet, buku digital 

  
  • Menyebutkan fungsi masing-masing perangkat keras yang digunakan untuk teknologi informasi
  • Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan untuk teknologi informasi beserta fungsinya

Uraian 

30 

Buku panduan, internet, buku digital 

  
  • Menyebutkan macam-macam perangkat keras yang digunakan untuk teknologi komunikasi
  • Menyebutkan fungsi masing-masing perangkat keras yang digunakan untuk teknologi komunikasi

    (Kecakapan hidup: menggali &mengolah informasi, mengambil keputusan)

  • Mendeskripsikan macam-macam peralatan teknologi komunikasi beserta fungsinya

Menjodohkan 

15


 


 

30 

Buku panduan, internet, buku digital 


 


 

Kompetensi Dasar    :    2.2.  Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)

Alokasi Waktu    :    180 menit

        4 jam pelajaran 


 

No 

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran 

Indikator Pencapaian 

Penilaian 

Alokasi waktu (Menit) 

Sumber/ Bahan/Alat 


 

2.2.1 


 

Jaringan Telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)


 

  • Mencari informasi tentang jaringan menggunakan kabel dan nirkabel


 

  • Menjelaskan perbedaan antara jaringan telekomunikasi dengan menggunakan kabel dan nirkabel


 

Penugasan individu 


 

30 


 

Buku panduan, internet, buku digital 

  
  • Menjelaskan kelebihan dan kekurangan jaringan telekomunikasi kabel dan nirkabel
  • Menjelaskan cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi

  

30 

Buku panduan, internet, buku digital 

  
  • Mencari informasi tentang cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi


 


 

  • Menjelaskan cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi


 


 

  • Mencari informasi tentang fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi


 

  • Menjelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi

    (Kecakapan hidup : menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan

  • Menjelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi

Penugasan individu


 


 

Uraian 

30


 


 


 

30


 


 


 

30


 


 

30 

Buku panduan, internet, buku digital


 

Buku panduan, internet, buku digital, jurnal, Koran, majalah


 


 


 

Kompetensi Dasar    :    2.3    Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak aplikasi teknologi informasi dan komunikasi

Alokasi Waktu    :    135 menit

        3 jam pelajaran 


 

No 

Materi Pembelajaran 

Kegiatan Pembelajaran 

Indikator Pencapaian 

Penilaian 

Alokasi waktu (Menit) 

Sumber/ Bahan/Alat 


 

2.3.1 


 

Macam-macam aplikasi perangkat lunak beserta fungsinya 


 

  • Mencari informasi tentang berbagai jenis perangkat lunak teknologi informasi yang ada di lingkungannya


 

  • Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi informasi beserta fungsinya


 

Penugasan individu 


 

15 


 

Buku panduan, internet, buku digital 

  
  • Menjelaskan fungsi masing-masing perangkat lunak untuk teknologi informasi
  • Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi komunikasi beserta fungsinya

Uraian 

30 

Buku panduan, internet, buku digital 

  
  • Mencari informasi tentang berbagai jenis perangkat lunak teknologi komunikasi yang ada di lingkungannya
  • Menjelaskan fungsi masing-masing perangkat lunak untuk teknologi komunikasi
  • Mencari informasi tentang manfaat perangkat lunak dalam memperoleh informasi
  • Mendemonstrasikan perangkat lunak untuk memperoleh informasi

    (Kecakapan Hidup:
    menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)

  • Mendemonstrasikan penggunaan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk memperoleh informasi

Praktik

 
 


 

  

15


 


 

30


 


 

15


 


 

30 

Buku panduan, internet, buku digital

Buku panduan, internet, buku digital

 
 

  


 


 


 


 

Standar Kompetensi    :    3.     Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

Kompetensi Dasar    :    3.1. Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi

Alokasi Waktu    :    225 menit

        5 jam pelajaran 


 

No 

Materi Pembelajaran 

Kegiatan Pembelajaran 

Indikator Pencapaian 

Penilaian 

Alokasi waktu (Menit) 

Sumber/ Bahan/Alat 


 

3.1.1 


 

Etika dan Moral dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi


 

  • Mencari informasi tentang aturan-aturan hak cipta


 

  • Menjelaskan tentang aturan-aturan hak cipta


 

Penugasan individu/ kelompok


 

15 


 

Buku panduan, internet, buku digital

  
  • Mendiskusikan tentang aturan yang berkaitan dengan etika dan moral dalam pemanfaatan TIK
  • Menjelaskan dampak pelanggaran hak cipta

Uraian 

45 

Buku panduan, internet, buku digital

  
  • Menjelaskan dampak pelanggaran hak cipta melalui diskusi
  • Menjelaskan jenis pelanggaran hak cipta

Praktik 

30 

Buku panduan, internet, buku digital

  
  • Mendiskusikan etika dan moral yang berkaitan dengan pemanfaatan TIK dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mencari contoh kasus tentang pelanggaran hak cipta di media massa/media elektronik
  • Mendiskusikan contoh kasus tentang duplikasi aplikasi yang ilegal
  • Menggunakan aplikasi yang legal

    (Kecakapan hidup: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)

  • Menerapkan aturan-aturan hak cipta yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi

 
 

 
 

 
 

 
 

  

45


 


 

45


 


 

45

 
 

  

Buku panduan, internet, buku digital

 
 

 
 

 
 

  


 


 


 

Kompetensi Dasar    :    3.2. Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi Informasi dan komunikasi

Alokasi Waktu    :    180 menit

        4 jam pelajaran 


 

No 

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran 

Indikator Pencapaian 

Penilaian 

Alokasi waktu (Menit) 

Sumber/ Bahan/Alat 


 

3.2.1 


 

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam penggunaan TIK 


 

  • Mencari informasi tentang K3


 

  • Mengetahui prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)


 

Penugasan individu/ kelompok


 

45 


 

Buku panduan, internet, buku digital

  
  • Mendiskusikan tentang pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada penggunaan TIK
  • Memperagakan posisi duduk dengan baik dan benar

Uraian 

45 

Buku panduan, internet, buku digital

  
  • Menempatkan letak meja, kursi dan unit komputer sesuai dengan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
  • Bekerja menggunakan komputer sesuai prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

    (Kecakapan Hidup: Kesadaran akan eksistensi dan potensi diri, menggali informasi, dan komunikasi tertulis)

  • Mendemonstrasikan cara menggunakan komputer dengan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Praktik

45


 


 


 

45

  

Buku panduan, internet, buku digital

 
 

  


 


 


 

Kompetensi Dasar    :    3.3     Menghargai pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam teknologi informasi dan komunikasi

Alokasi Waktu    :    90 menit

        2 jam pelajaran 


 

No 

Materi Pembelajaran 

Kegiatan Pembelajaran 

Indikator Pencapaian 

Penilaian 

Alokasi waktu (Menit)

Sumber/ Bahan/Alat 


 

3.3.1 


 

UU Hak Cipta


 

  • Mencari informasi tentang undang-undang hak cipta
  • Mencari informasi tentang contoh Hak Cipta dari perangkat lunak


 

  • Menjelaskan tentang undang-undang mengenai Hak Atas Kekayaan Intelektual
  • Menjelaskan contoh hak cipta dari perangkat lunak


 

Penugasan individu/ kelompok 


 

45 


 

Buku panduan, internet, buku digital 

  
  • Mendiskusikan UU Yang berkaitan dengan sangsi pelanggaran Hak Cipta.

    (Kecakapan hidup: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)

 

Uraian

  

45

  

 
 

  


 


 

Standar Kompetensi    :    4.     Menggunakan Operating System (OS)

Kompetensi Dasar    :    4.1     Melakukan operasi dasar pada operating system (OS) komputer

Alokasi Waktu    :    180 menit

        4 jam pelajaran 


 

No 

Materi Pembelajaran 

Kegiatan Pembelajaran 

Indikator Pencapaian

Penilaian 

Alokasi waktu (Menit) 

Sumber/ Bahan/Alat 


 

4.1.1 


 

Sistem Operasi


 

  • Mencari informasi tentang sistem operasi


 

  • Menjelaskan fungsi BIOS


 

Penugasan individu/ kelompok 


 

30 


 

Buku panduan, internet, buku digital

  
  • Mendiskusikan fungsi-fungsi sistem operasi
  • Menjelaskan fungsi Sistem Operasi

Uraian 

45 

Buku panduan, internet, buku digital

  
  • Menyimpulkan perbedaan tentang BIOS dan Sistem Operasi melalui diskusi
  • Membedakan Sistem Operasi dan BIOS

Praktik 

15 

Buku panduan, internet, buku digital

  
  • Menggunakan BIOS
  • Mempraktikkan operasi dasar BIOS dan sistem operasi

    (Kecakapan hidup: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)

  • Mendemonstrasikan penggunaan BIOS dan sistem operasi

 
 

 
 

  

45

45

  

 
 

 
 

  


 


 


 

Kompetensi Dasar    :    4.2     Melakukan setting peripheral pada operating system (OS) komputer

Alokasi Waktu    :    225 menit

        5 jam pelajaran 


 

No 

Materi Pembelajaran 

Kegiatan Pembelajaran 

Indikator Pencapaian 

Penilaian 

Alokasi waktu (Menit) 

Sumber/ Bahan/Alat 


 

4.2.1 


 

Setting Peripheral


 

  • Mencari informasi tentang jenis dan fungsi masing-masing peripheral


 

  • Menjelaskan pengertian peripheral


 

Penugasan individu/ kelompok 


 

30 


 

Buku panduan, internet, buku digital

  
  • Mendiskusikan jenis dan fungsi masing-masing peripheral
  • Mendemonstrasikan penginstallan driver peripheral pada sistem operasi

Uraian 

45 

Buku panduan, internet, buku digital 

  
  • Membaca buku petunjuk pengoperasian peripheral
  • Mendiskusikan fungsi driver
  • Mempraktikkan penginstallan driver peripheral
  • Mempraktikkan setting peripheral

    (Kecakapan hidup: Identi- fikasi variabel, menghubungkan variabel, merumuskan, hipotesis, memengambil keputusan)

  • Mendemonstrasikan setting peripheral (misal: printer, scanner, flash disk, dsb.)

Praktik

 
 

 
 

  

30


 

30

45


 

45

  

Buku panduan, internet, buku digital

 
 

 
 

 
 

  


 

Mengetahui, 

 

Pekanbaru, Juli 2008

Kepala SMAN 4 PEKANBARU

 

Guru Mata Pelajaran TIK, 


 


 

  

Drs. A Z W I R

 

CHANDRA MD

NIP. 131854635

  

SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


 


 


 

NAMA SEKOLAH

: 

 

MATA PELAJARAN 

: 

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI 

KELAS/SEMESTER 

: 

X / 2 (DUA) 

TAHUN AJARAN 

: 

 


 


 


 


 


 

Kompetensi Dasar    :    4.3.    Melakukan manajemen file

Alokasi Waktu    :    180 menit

        4 jam pelajaran 


 

No 

Materi Pembelajaran 

Kegiatan Pembelajaran 

Indikator Pencapaian 

Penilaian 

Alokasi waktu (Menit) 

Sumber/ Bahan/Alat 


 

4.3.1 


 

Manajemen file


 

  • Mendiskusikan manfaat manajemen file


 

  • Menerangkan manfaat manajemen file


 

Penugasan individu/kelompok 


 

30 


 

Buku panduan, internet, buku digital

  
  • Merinci perintah-perintah dalam melakukan manajemen file (misal: cut, copy, paste, move, new folder, dsb.)
  • Mengetahui perintah-perintah dalam melakukan manajemen file

Uraian 

45 

Buku panduan, internet, buku digital 

  
  • Membuat folder
  • Mendemonstrasikan langkah-langkah manajemen file

Praktik 

15 

Buku panduan, internet, buku digital 

  
  • Menyimpan file dalam folder
  • Menggandakan dan memindahkan file
  • Mengganti nama file
  • Mengidentifikasi jenis-jenis ekstensi file

    (Kecakapan hidup: menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan)

  • Mengklasifikasikan ekstensi file
 

15

30

15

30

  

Buku panduan, internet, buku digital

 
 

 
 

 
 

  


 


 

Kompetensi Dasar    :    5.1. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata

Alokasi Waktu    :    135 menit

        3 jam pelajaran


 

No

Materi Pembelajaran 

Kegiatan Pembelajaran 

Indikator Pencapaian 

Penilaian 

Alokasi waktu (Menit) 

Sumber/ Bahan/Alat 


 

5.1.1 


 

Menu dan ikon aplikasi pengolah kata 


 

  • Menyimak penjelasan tentang pengertian menu dan ikon


 

  • Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata


 

Penugasan individu/kelompok 


 

30 


 

Buku panduan, internet, buku digital 

  
  • Mendiskusikan fungsi menu dan ikon
  • Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata

Uraian 

30 

Buku panduan, internet, buku digital

  
  • Menunjukkan menu dan ikon
  • Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata

Praktik 

30 

Buku panduan, internet, buku digital 

  
  • Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon

    (Kecakapan hidup: menggali informasi, mengolah informasi, meng- ambil keputusan)

  • Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
 

45

  

Buku panduan, internet, buku digital

  


 


 


 

Kompetensi Dasar    :    5.2    Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata

Alokasi Waktu    :    315 menit

        7 jam pelajaran 


 

No 

Materi Pembelajaran 

Kegiatan Pembelajaran 

Indikator Pencapaian 

Penilaian 

Alokasi waktu (Menit) 

Sumber/ Bahan/Alat 


 

5.2.1 


 

Fungsi menu dan ikon pengolah kata


 

  • Membuat dokumen baru
  • Menyimpan dokumen baru dengan nama file baru


 

  • Mendemonstrasikan pembuatan dokumen baru


 

Penugasan individu

Uraian 


 

15

15 


 

Buku panduan, internet, buku digital

  

  
  • Mengatur format teks dan spasi dalam paragraph
  • Menggunakan bulleting dan numbering
  • Menggunakan border dan shading
  • Menggunakan berbagai jenis huruf
  • Memodifikasi jenis dan pengaturan pada teks


 


 

Praktik

30


 

20


 

20

15 

Buku panduan, internet, buku digital

 
 

 
 

  

  
  • Mengatur ukuran halaman
  • Mengatur batas kanan, kiri, atas, dan bawah halaman
  • Mengatur border halaman
  • Memodifikasi pengaturan halaman


 

 
 

 
 

  

15

15


 

15 

Buku panduan, internet, buku digital

 
 

  

  
  • Memasukkan data ke dalam database mail merge
  • Mengedit data dalam database mail merge
  • Memasukkan data mail merge ke dalam dokumen
  • Mencetak dokumen yang telah disisipkan data

    (Kecakapan hidup: Kesadaran akan eksistensi dan potensi diri, menggali informasi, dan komunikasi tertulis)

  • Mendemonstrasikan pembuatan mail merge
  • Mendemontrasikan cara mengolah dan mencetak dokumen

 
 

 
 

 
 

 
 

  

40


 

45


 

40


 

30

  

Buku panduan, internet, buku digital

 
 

 
 

 
 

  


 


 

Kompetensi Dasar    :    5.3.    Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram

Alokasi Waktu    :    180 menit

        4 jam pelajaran 


 

No 

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran 

Indikator Pencapaian 

Penilaian 

Alokasi waktu (Menit) 

Sumber/ Bahan/Alat 


 

5.3.1 


 

Membuat dokumen aplikasi pengolah kata 


 

  • Membuat dokumen berisi tabel
  • Menghapus baris atau kolom pada tabel yang berisi data tentang sayur-sayuran dan kacang-kacangan


 

  • Membuat dan menghapus baris, kolom atau tabel


 

Penugasan individu

Uraian 


 

30

15 


 

Buku panduan, internet, buku digital

  

  
  • Menambah atau menggabungkan baris atau kolom
  • Mengatur lebar baris dan kolom
  • Menambah, menggabung serta mengatur lebar baris dan kolom

Praktik

  

15


 

15 

Buku panduan, internet, buku digital

  

  
  • Membuat grafik kenaikan harga beberapa jenis sayuran
  • Membuat grafik

  

30 

Buku panduan, internet, buku digital

  
  • Membuat bentuk (shape) tertentu
  • Menggabungkan beberapa bentuk (shape) menjadi sebuah gambar
  • Menyisipkan shapes dan meletakan dengan benar sesuai contoh.
  • Membuat macam-macam model dokumen

    (Kecakapan hidup: Kesadaran akan eksistensi dan potensi diri, menggali informasi, dan komunikasi tertulis)

  • Mengoperasikan ikon drawing
  • Membuat karya dengan menggunakan program pengolah kata

 
 

 
 

 Tugas Individu

  

15

30


 

30

  

Buku panduan, internet, buku digital

 
 

 
 

  


 

Mengetahui, 

 

Pekanbaru, Juli 2008  

Kepala SMAN 4 PEKANBARU

 

Guru Mata Pelajaran TIK, 


 

  

Drs. A Z W I R__

 

CHANDRA MD 

NIP. 131854635

  

Tidak ada komentar: